Sunday, August 21, 2016

Jamur crispy, Camilan favorit keluarga yang enak,lezat dan mudah membuatnya


Siapa yang ngga suka camilan yang satu ini. rasanya enak, gurih, apalagi kalau di tambah rasa barbeque, balado, atau jagung bakar, atau dibuatin saus asam manis sendiri, hmmm rasanya mantap. Daripada beli mahal-mahal cuma dapet sedikit, mending bikin sendiri aja, bahan-bahannya juga murah, makannya puassssss.

Nah, Jamur crispy ini juga camilan favorit saya dan suami, kalau masak ini harus banyak biar ngga rebutan. Apalagi kalau hujan gini enakan sambil nyemil, iya kan? Hehe. Tapi berhubung hari ini stok minyak sudah habis (belum sempat beli) jadi cuma goreng sedikit, sisanya goreng besok setelah beli minyak. Hehe.

Jamur crispy ini kriuk-kriuk dan renyah, cuma nyari bumbu yang rasa balado, barbeque, atau jagung bakar ngga nemu. Dimana belinya ya. Apa ada yang tahu? Kalau ada infonya ya ditunggu. Karena ngga ada bumbu itu, saya buat saus asam manis pedas sendiri, tapi tadi ngga buat karena ayah lagi flu lagi ngga pengin yang pedes-pedes. Yasudah, jamur crispy nya jadi lauk barengan sama sup ayam oyong. Hehe. Yummy.

Kalau mau coba buat, gampang kok. Ini resep ala-ala yang saya dapat dari pengalaman goreng jamur dari yang pertama goreng kurang crispy, keras, sampai bisa crispy ditambah searching mbah google juga. 

Bahan :
- 1 bungkus jamur tiram
- 1 bungkus tepung bumbu (suka-suka mau pakai merk apa, kalau saya pakai sajiku tepung bumbu)
- 2 sdm tepung beras
- 5 sdm tepung terigu
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
- Suwir-suwir jamur tiram, agaj besar saja biar ga hancur pas dicuci n diremas, dan juga biar lebih cantik jamur crispynya
- Cuci bersih jamur, peras airnya tapi jangan terlalu kering, sisihkan
- buat campuran tepung bumbu, tepung beras, dan tepung terigu, aduk rata
- Panaskan minyak
- Ambil jamur, masukkan ke dalam campuran tepung, balik-balik sampai terkena tepung semua, lalu remas, balik-balik lagi
- Goreng sampai jamur matang atau kecoklatan
- Angkat, tiriskan minyak dan sajikan selagi hangat

Mudah kan? Hehe, selamat mencoba. 


0 comments:

Post a Comment