Thursday, August 25, 2016

Review mpasi rumaisha di usia 9 bulan ini

rumaisha saat ikut jalan sehat

Akhirnya bisa nulis lagi setelah beberapa hari ini kecapean karena anemia kambuh dan rumaisha makin aktif minta titah padahal merangkak saja belum lancar. Hadeh, maunya jalaaan terus. Tapi ya sudahlah, perkembangan tiap anak kan beda-beda jadi jangan dipaksa. 

Nah postingan kali ini berisi review mpasi rumaisha dari usia 6 bulan sampai 9 bulan. 

- Usia 6 bulan
  Saat awal mpasi rumaisha suka buah-buahan sama kentang , biasanya tak buatin puree buah atau sayur. Di usia 6 bulan, rumaisha makan 2 kali menu utama, pagi dan sore, lalu siang makan buah (belum menganut prinsip buah lebih mudah di cerna saat pagi hari). Untyk alergi sejauh ini tidak ada. Di usia 6 bulan rumaisha sudah makan buah pepaya, pisang, apel, jeruk, jambu biji, melon. Untuk sayur brokoli, bayam, wortel, buncis, kembang kol. Untuk sumber karbohidrat jagung manis, kentang, nasi dan labu parang. Sumber proteinnya tahu, tempe, ati ayam. Makannya lumayan banyak, 1 porsi piring kecil habis. Cuma pernah tak buatin bubur susu, dia ngga mau makan sama sekali. GTM abis. Dan pernah juga tak buatin puree kentang bayam, karena kebanyakan nuang asip jadi encer, dan rumaisha makannya dikiiiit banget. Hehehe.

- Usia 7 bulan
  Nah, masuk 7 bulan uma mulai bosenan. Ngga bisa menerapkan 4 hari 1 jenis makanan yang sama. Dan karena saya kurang mencari informasi, jadi ngga tau juga kalau 1 hari itu hanya boleh mengenalkan 1 jenis bahan makanan baru, dan panduan pemberian mpasi dari WHO. Dulu hanya mencampur bahan makanan, direbus, lalu blender. Yang penting lengkap ada karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak. Hehe. Bundanya kurang informasi. Nah di usia ini rumaisha ada tambahan buah baru yaitu semangka kuning dan merah (dia ngga suka yang merah, dilepeh), mangga arum manis, buah naga merah, alpukat (awal dikasih dia juga ngga doyan, tapi sekarang doyan pake banget). Untuk sayur ketambahan zukini, terong ungu, ngga nambah banyak soale belanjanya cuma di warung jadi ya itu-itu aja. hehehe. Untuk karbohidrat ketambahan oatmeal. Kalau untuk protein ketambahan ayam, ikan lele, belut, kacang hijau, kacang tanah dan kacang merah. Saya beli ELOO (extra light olive oil) untuk masak makanannya rumaisha biar ada asupan lemaknya , jadi beberapa makanan sudah ada yang tak goreng, trus blender-blender lagi. Hehe.

- Usia 8 bulan
  Nah di usia ini Rumaisha udah mulai gtm, sampai berhari-hari., bahkan sempat menolak sendok, jadi nyuapinnya pakai tangan, sampai pusing mau dikasih makan apa nih anak. Karena sudah 8 bulan, jadi saya mencoba makannya tak buat padat dan lebih bertekstur biar naik tekstur, ngga puree terus. Prosesnya sekarang di parut, ngga blenderan lagi, paling kalau mau jus baru di blender. tapi dia cuma beberapa hari mau makan, setelah itu langsung gtm. Akhirnya tekstur pun diturunkan, makannya puree lagi, dan dia mau makan. Hadeeh belum mau naik tekstur ternyata. Tapi saat rumaisha tak suapin nasi sedikit dan mau ngunyah, saya pun berpikir untuk mulai memberikan makanan padat lagi, suapaya naik tekstur, tidak puree atau bubur terus. Walaupun sempat terjadi kontroversi hati dengan mbahnya, hehe, katanya makannya yang lembek-lembek dulu, yang ada kuahnya. Padahal saya ingin mencoba BLW (Baby Lead Weaning) supaya rumaisha lebih mandiri, tapi ya sudahlah, tak turutin saja walau cuma sehari. Besoknya tak masakin padat, rumaisha malah makin lahap makannya. Yeay dia sudah mau naik tekstur. Seneng banget rasanya.
Nah di usia ini pola makan rumaisha  saya rubah, setelah membaca banyak artikel, kebanyakan moms memberikan mpasi dengan buah di pagi hari karena buah lebih mudah di cerna pada pagi hari. Saya pun mencobanya. Dan alhamdulillah sampai sekarang hal ini masih berlanjut. Jadi untuk menyiapkan sarapan lebih hemat waktu dan tenaga, tidak kemrungsung dan riweh karena lebih simpel. Ditambah lagi rumaisha suka oatmeal, ya sudah sarapannya oatmeal+buah. Mudah dan bergizi. Untuk makan siang dan sore baru menu lengkap bintang 4.
Di usia menjelang 9 bulan rumaisha sudah bisa makan nasi lembek, ubi rebus, buah tanpa blender (dia sudah ngga mau makan puree buah, maunya buah langsung, tau aja rasanya lebih enak kalau langsung dimakan, hehehe, kaya iklan aja). Untuk karbohidrat ketambahan oatmeal,ubi dan singkong. Kalau sayur masih sama saja. Untuk buah ketambahan pir, kiwi. Untuk protein ketambahan salmon. Olahan susu ketambahan keju dan yogurt. Rumaisha suka banget sama keju, beda sama bundanya yang ngga suka keju. Yogurt pas awal-awal dia doyan, sekarang malah ngga mau sama sekali. Oya, di usia ini rumaisha sudah mulai tak kasih cemilan biskuit.

Nah itu dia review mpasi rumaisha sampai sekarang, tanggal 26 agustus besok rumaisha sudah 9 bulan. Yeaaaay, ngga kerasa rasanya baru kemarin melahirkan, tau tau udah segede itu. hehehe. Sehat terus ya nak dan makan yang pinter. Semoga coretan ini bisa membantu moms yang juga mengalami masalah yang serupa dengan saya. 



0 comments:

Post a Comment