Friday, August 26, 2016

Telur goreng orak arik dan mashed potato ala mpasi (8m+)


Yeeeeaaaaay, senang sekali bisa posting lagi. Kali ini saya mau posting makanan favorit rumaisha yang baru. Setelah beberpa hari gtm, dan saya pun menyimpulkan kalau rumaisha ngga mau atau sudah bosen makan yang bubur- buburan atau berkuah terutama bubur nasi. Akhirnya saya mencoba memberi makanan kering untuk rumaisha, ngga berkuah. Dan telur goreng orak arik ini lah menu yang terpilih setelah berpikir semalaman. Halah. Menu ini pun terinspirasi dari makanan favorit keluarga, orak arik telur sayur. Yah meskipun ini sudah satu minggu yang lalu, tapi ngga ada kata telat untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Dan ternyata rumaisha suka pake banget sama telur orak arik ini, berhubung rumaisha ngga suka nasi lembek, jadi makannya sama mashed potato. Makannya lep lep gitu, tau-tau habis. Karena masih ngga mau pakai sendok, jadi ya sudahlah makannya disuapin pakai tangan, sekalian dibuatin bola-bola biar lebih gampang nyuapinnya. 

Makannya juga ngga ada drama nangis atau gtm, lancar jaya pokoknya. Kunyah telen kunyah telen gitu. Terharu...... setelah beberapa hari gtm sampai bb turun setengah kilo akhirnya bisa makan dengan lancar lagi. Senangnya. Dua hari tak buatin telur orak arik ini tetep lahap makannya. 

Karena menu ini sangat sukses di makan oleh rumaisha, dan akhirnya rumaisha naik tekstur lagi, sudah ngga bubur atau puree lagi, saya jadi ingin berbagi resep telur orak arik ini. Hitung-hitung berbagi kebahagiaan, siapa tahu ada moms yang buah hatinya lagi gtm mau makan ini juga. Enak lho mam telurnya, saya aja suka. hehehe. 

Bahan :
- 1 kuning telur ayam kampung
- 1/2 buah wortel 
- 4 kuntum brokoli
- kaju parut secukupnya
- 1 buah kentang ukuran besar, untuk mashed potato (bisa juga diganti nasi lembek)
- Mentega/ unsalted butter/ ELOO untuk menggoreng

Cara membuat :
- Kupas dan potong-potong kentang, wortel, brokoli. wortelnya dipotong tipis-tipis aja biar cepat matang dan mudah buat mencincangnya
- Rebus kentang dan wortel sampai matang dan lunak, saat hampir matang masukkan brokoli
- Angkat sayuran dan tiriskan
- Saring kentang selagi panas, supaya lebih gampang
- Cincang kecil-kecil wortel atau sesuai dengan kemampuan makan bayi
- Parut / cincang brokoli, ambil bunganya saja
- Masukkan wortel dan brokoli ke dalam adonan telur kuning, kocok lepas, tambahkan keju parut
- Goreng dan orak arik sampai matang, jangan samapi terlalu garing nanti baby susah ngunyahnya
- Angkat dan sajikan dengan mashed potato atau nasi lembek

Mudah banget kan? dengan bahan seadanya, dan menu lengkap, ada lemak, sayur, protein, dan karbohidrat. Buat si kecil pasti saya pikirin lengkap atau tidak asupan gizinya, biar seimbang. Sekarang Rumaisha lagi program penambahan berat badan, jadi kejunya tak banyakin (katanya keju bisa buat booster BB) dan cemilannya di tambah juga. Hehe.

update : 
besoknya lagi saya masakin orak arik juga tapi diganti tahu, dan makannya tetap lahap. Kalau mau pakai tahu jangan lupa tahunya direbus dulu ya moms. Jadi selama 4 hari rumaisha makan sama orak arik cuma beda telur dan tahu. Hihihi, tapi maknnya tetep lahap. Anak pinter.


4 comments:

  1. Hhmmm yummmy banget orak ariknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak banget, saya ikut nyuil, hehehe

      Delete
  2. Salam kenal mak, aku suka bikin juga dulu tapi ga pake sayur he...pake unsalted butter,harum banget ya... Mak opsi komennya belum ada yang nama/URL sepertinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mak, iya kalau pake unsalted butter harum banget, cuma lagi kosong makanya pakai eloo, hehe . . .
      iya mak, sebentar tak edit dulu . . .

      Delete