Monday, September 26, 2016

Menu favorit keluarga : Gurame asam manis pedas mantap


Kemarin kan beli gurame, niatnya sih beli buat rumaisha karena sudah lama ngga makan ikan. Kenapa gurame? Karena rumaisha belum pernah makan gurame dan karena ayahnya juga lagi pengin makan gurame. Akhirnya belilah itu si ikan gurame 1 kilo, isi 2 biji. Yah namanya gurame harganya lumayan mahal, walau masih mahal salmon. Wkwkwk. Lumayan 48.000 sekilo. Nah tadi berhubung kata penjualnya ikannya sekilo enteng jadi harganya 47.000 hahaha. Kalau beli di pasar itu ada beda harga. Biasanya dibedain antara enteng, anget/pas, atau lewih bahasa indonesianya lebih. Ada-ada aja ya, kalau di spm mah udah pakai timbangan digital jadi tinggal masukin harga kilonya langsung muncul deh harganya seberapa, ngga  ada istilah enteng, anget,lewih. Iya kan? 

Malah cerita sampai pasar dan spm segala, hadeh. Digetok sama pembaca ntar.
Nah ayah pengin masak gurame asam manis pedas, wiiih baru ngomong menunya aja udah kebayang gimana rasanya, jadi pengin cepet-cepet makan.
Kalau di restoran biasanya kan guramenya di filet trus di goreng tepung baru dikasih saus asam manis pedas nya. Tapi berhubung ayah request supaya ngga pakai tepung, jadilah seperti foto diatas.
Manisnya kerasa, gurih ikannya pas, pedas cabenya bikin mata nangis dan lidah kebakar. Haha lebay. 
Tapi beneran makan ini sampai nangis saya, kepedesan. Kalau ayah si suka pedes jadi fine-fine aja dia makan, lahaaaap banget.
Udah dong ceritanya, resepnya mana. Digetok lagi sama pembaca. Iya, resepnya ada di bawah sini kok.

Untuk gurame goreng
Bahan :
- 1 ekor gurame, cuci bersih, lumuri jeruk nipis biarkan kurleb 15 menit, lalu cuci kembali
- 2 cm kunyit
- 2 cm jahe
- Garam secukupnya
- Ketumbar secukupnya
- 3 siung bawang putih

Cara membuat:
- Haluskan semua bumbu, gurame bukan bumbu ya jadi jangan ikut dihaluskan
- Lumuri gurame dengan bumbu halus tadi, diamkan lagi kurleb 15 menit supaya bumbu meresap
- Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan
- Angkat, tiriskan

Nah itu untuk gurame gorengnya, kalau mau ditepung ya difileti dulu trus untuk caranya bisa dilihat disini. Sama kaya pas buat ayam goreng tepung.
Sekarang kita racik saus asam manis pedasnya
Bahan:
- 3 siung bawang putih
- 1 buah bawang bombay, iris tipis
- 1 buah wortel, iris korek api
- 1 buah tomat, iris kecil-kecil
- 1/2 buah nanas matang, potong sesuai selera
- 7 buah Cabai rawit/ sesuai selera
- 3 buah cabai merah keriting / sesuai selera
- 2 sdm saus sambal
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak untuk menumis
- Air

Cara membuat :
- Haluskan bawang putih, cabai rawit dan cabai merah keriting (kalau mau diiris juga boleh)
- Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga layu
- Masukkan bumbu halus, aduk terus
- Masukkan irisan wortel, tomat, dan nanas, masak hingga semua layu
- Tambahkan air
- Masukkan gula, garam, dan saus sambal
- Koreksi rasanya, sudah pas atau belum, jika sudah masukkan gurame goreng tadi
- Biarkan hingga tanak dan bumbu meresap (Kalau mau kuahnya kental, bisa ditambah tepung maizena)
- Untuk penyajian, angkat dulu guramenya baru siram dengan saus asam manis pedas
- Gurame asam manis pedas siap disantap dengang nasi putih hangat dan lalapan atau ca kangkung atau ca brokoli

Ayah doyan banget makan ini. Semoga ini bisa menjadi menu favorit keluarga moms yang lain. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment