Monday, November 21, 2016

Tips mengatasi anak yang bosenan dengan makanan


Salah satu hal yang membuat Ibu bahagia adalah melihat anaknya makan dengan lahap. Saat anaknya susah makan seorang Ibu pasti akan pusing memikirkan bagaimana caranya agar si anak mau makan dengan lahap. Apalagi kalau anak bosenan, Ibu pasti makin pusing. 

Anak bosenan sama satu jenis makanan tertentu pasti membuat moms semua pusing, iya kan? Kita berarti senasib moms. Karena Rumaisha anaknya bosenan. Kemarin masih suka nyemil-nyemil donat, dua hari kemudian dia udah ngga mau lagi. Hari ini suka banget sama buah papaya, besoknya dikasih lagi, mulutnya tertutup rapat, sama sekali ngga mau makan dia.

Kaya hari ini, saya masakin ati goreng wortel dia ngga mau sama sekali. Padahal ya dia terakhir makan ati itu sudah satu minggu yang lalu, dan dia doyaaaan banget, emang sih waktu dia suka ati saya kadih ati terus selama 2 hari berturut-turut, lah belinya sekalian ¼ kg, kan sayang kalau ngga dimakan ya walaupun akhirnya dimakan sama ibunya. Hehehe. Pusing dah, akhirnya saya kasih dia oatmeal+biskuit. Makannya lahap, entah karena laper atau emang karena udah lama ngga makan oatmeal. Makanya lahap banget makannya. Ah sudahlah yang penting Rumaisha mau makan.

Ok cukup curcolnya, berikut ada beberapa tips dari saya yang mungkin bisa membantu moms yang lain untuk mengatasi anak yang bosenan saat mpasi kaya Rumaisha.

     1.  Variasi menu, kalau bisa menu mpasi diganti terus setiap hari. Ya emang sih jadi lebih banyak budget buat belanjanya. Saya sendiri sekarang ngikutin menunya Rumaisha, kebalikan dulu pas Rumaisha masih bayi, dia yang ngikutin menu saya (dulu masih gampang). Kalau Rumaisha makan ikan, ya saya masak lebihannya. Kalau Rumaisha makan ikan, ya lebihannya yang saya masak buat menu sekeluarga. Sayur juga sama saja. Kan jadi tetap hemat.

     2. Kreasikan menu mpasi. Nah ini nih PR buat para moms, kita dituntut buat kreatif dalam menyediakan menu mpasi. Kalau kemarin ikan goreng, trus hari ini juga ikan goreng lagi pasti bosen. Kita olah lagi jadi ikan kuah kuning, atau diolah jadi nugget ikan. klik disini buat resep nugget ikan untuk mpasi. jadi kita harus kreatif untuk mengolah satu bahan yang sama menjadi menu mpasi yang berbeda.
    
      3. Sedia berbagai macam stok makanan. Kalau saya sendiri selalu nyetok oatmeal, biskuit regal / biskuit bayi yang lain, abon baby, bubur instan, nugget entah nugget ayam atau ikan, buah dan camilan (baik homemade atau beli). Yups itu stok yang saya sediakan untuk Rumaisha, jadi ketika Rumaisha ngga suka dengan makanan yang saya buat hari itu, saya masih ada alternatif lain untuk mpasi Rumaisha. 

4. Sedia camilan yang agak berat, kenapa? Supaya walaupun ngga makan nasi dia tetap merasa kenyang. Saya sendiri selalu menyempatkan untuk membuat camilan seperti donat, martabak, cookies, dan pukis. Oiya Rumaisha juga suka makanan tradisional kaya cetot (terbuat dari singkong yang diparut trus dikukus trus dibentuk, makannya pakai serundeng) dan cenil. Kalau makanan tradisional ini saya beli, hehe, prosesnya lebih susah dan lebih lama daripada buat martabak atau cookies.

baca juga : Snack time :Resep martabak manis untuk baby

      5. Beri makan sedikit-sedikit tapi sering. Kalau anak bosenan kaya Rumaisha, dia makannya sedikit banget kalau lagi banyak berarti dia bener-bener lagi suka sama makanan itu. Nah, kalau makannya sedikit kapan BB nya nambah? Jadi saya akalin buat sering-sering kasih makan ke Rumaisha, entah makan berat atau camilan. Pokoknya setiap Rumaisha melek saya kasih dia makan, sambil dia main kan bisa disuapin. Jadi walaupun asik main, makanan tetap masuk ke perut. Hehehe. 

    6. Ketika anak suka sama satu makanan tertentu jangan selalu dikasih makanan yang sama selama berhari-hari. Nanti dia ngga mau makan itu lagi dalam jangka waktu yang lama. Kaya Rumaisha, pas dia suka sama pisang saya kasih olahan pisang terus sama beberapa hari berturut-turut dan hasilnya dia ngga mau makan pisang untuk jangka waktu yang lama. Saat ini ada bebrapa buah dan makanan yang Rumaisha lagi ngga mau makan, kentang, ati, wortel, ikan, ayam, semangka, papaya, pisang. Banyak banget kan? Pusing deh mau ngasih makan apa. Hiks.
    
      Baca juga : Nyemil lagi: dragon fruit wrap untuk baby

     7. Oiya, satu lagi cobain kasih nasi anget, sapa tau mau. Rumaisha juga makannya sering pakai nasi anget, bahkan pas lauknya ngga cocok sama Rumaisha, dikasih nasi putih anget aja dia lahap banget makannya. Hahaha.

     Yup, itu beberapa tips dari saya untuk mengatasi anak yang bosenan. Jangan pernah menyerah atau patah semangat saat anak ngga mau makan apa yang kita masak. Kita harus belajar lagi dan berkreasi lagi, jangan bosen-bosen ketemu sama mbah google buat tanya resep. Saya juga gitu, tiap malem saat Rumaisha udah tidur saya mantengin ig dan web, nyari resep buat menu besok.

      Keep spirit mom, you are not alone. 

.

0 comments:

Post a Comment