Saturday, December 10, 2016

Resep pisang molen enak tanpa alat cetak khusus




Ini salah satu makanan favorit saya dari kecil sampai sekarang, biasanya dulu kalau makan pisang molen saya pisahin ujung dan tengahnya. Saya makan tengahnya yang ada pisangnya duluan, baru ujungnya. Soalnya ujungnya itu gurih, renyah, dan saya suka banget , hahaha. Jadi inget jaman kecil dulu. Dulu harga pisang molen masih Rp 100/biji . Sekarang udah Rp 250/biji itu yang kecil-kecil banget biasanya dijual bareng sama onde-onde. Tapia da juga yang Rp 500/biji, besaran dikit Cuma kadang pisangnya itu pisang belum matang, jadi keras. Yah begitulah dulu kalau beli pisang molen. Dulu sama sekali ngga kepikiran buat pisang molen sendiri, taunya bikin itu tuh susah, harus pakai alat khusus yang buat nipisin adonan, biasa liat penjual pisang molen.

Eh pas buka fb ada yang share resep pisang molen, bentuk adonananya pake botol kaca, akhirnya coba bikin deh. Dan rasanya enak, gurih, manisnya pas. Bahannya juga ternyata simple banget, ngga seribet yang saya  bayangkan. Cuma harus telaten bentukin molennya, kan giling satu-satu. Kalau mau sekalian bisa juga sih, nanti tinggal potong aja sisanya. Jadi deh. Ya udah yuk cus aja resepnya.

Bahan kulit:
150 gr tepung terigu
30 gr gula halus
30 gr margarin
¼ sdt vanili
25 ml air es

Bahan isi :
Pisang potong sesuai selera
Ubi manis/ ubi cilembu potong tipis melebar

Cara membuat:
- Siapkan wadah besar
- Ayak tepung terigu dan gula halus, aduk rata
- Masukkan margarin dan vanili, aduk lagi sampai semua bahan tercampur
- Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk
- Uleni sampai kalis
- Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, lalu gilas menggunakan rolling pin atau botol kaca hingga tipis
- Balut pisang dan ubi dengan adonan
- Panaskan minyak, goreng sampai kecoklatan dan kering
- Angkat, sajikan
Rumaisha juga suka ternyata, Udah beberapa kali buat tetep doyan. Simbah juga suka, haha sekali makan bisa langsung 3 biji, ambil bolak balik. Enak katanya ngga kaya yang biasa dijual di pasar. Iya lah, kalau buat sendiri pasti pilih bahan yang terbaik apalagi buat anak, dan kebersihan juga dijaga, lalu kompisisi yang baik juga untuk membuat rasa adonan yang pas kan butuh sedikit lebih banyak usaha dan biaya. Ya kan? Cukup disini aja curcolnya, yuk kita nyamil moms.

0 comments:

Post a Comment