Friday, March 31, 2017

#MemesonaItu meminta maaf dan memaafkan


Memesona. Saat mendengar satu kata ini apa yang terlintas pada pikiran kalian? Cantik? Sexy? Tinggi semampai? Yah itu hanya beberapa hal yang langsung terlintas di benak kita saat mendengar kata 'memesona'. Namun pada kenyataannya memesona itu tidak hanya sekedar cantik, tidak hanya memiliki tubuh sexy bak gitar spanyol, tidak hanya tinggi semampai bak model tapi lebih dari itu. Memesona itu cantik dari dalam hati bukan hanya yang terlihat dari luar. Jika wajah cantik tapi tak berakhlak, apakah itu sudah memesona kalian? Mungkin bagi kaum lelaki yang hanya melihat paras sebagai tolok ukur akan menjawab iya. Tapi bagi mereka yang menganggap kecantikan tidak terletak di wajah namun di hati pasti akan menjawab tidak. Kenapa? Karena yang membuat cantik seseorang adalah hati mereka, jika akhlak baik aura cantik itu akan terpancar di wajahnya meskipun tanpa makeup.

Memesona. Siapapun bisa menjadi wanita yang memesona dengan mempunyai akhlak yang baik, tidak peduli dia cantik atau jelek. Cantik atau jelek hanyalah pandangan manusia terhadap manusia lainnya bukan pandangan Allah SWT karena Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk. Yang menbedakan manusia satu dengan yang lainnya adalah amal ibadahnya, akhlaknya, dan perilaku mereka.

Kebanyakan wanita yang merasa dirinya cantik memesona beranggapan bahwa mereka bisa mendapatkan apapun yang mereka inginkan, bisa melakukan apapun yang ingin mereka lakukan entah itu baik atau itu buruk, karena mereka merasa mereka ada di atas yang lainnya. Mereka lebih baik dari yang tidak memesona menurut mereka sehingga mereka bisa melakukan apapun termasuk menyakiti orang lain.

Memesona adalah mereka yang mau meminta maaf. Mereka yang menganggap diri mereka memesona dan telah berbuat salah atau menyakiti orang lain biasanya enggan untuk meminta maaf. Kata 'maaf' tidak pernah ada dalam kamus mereka. Mereka justru akan membuat orang yang mereka sakiti meminta maaf kepada mereka. Maaf begitu sulit terucap meski hati merasa bersalah. Mereka terlalu gengsi untuk meminta maaf. Padahal jika mereka meminta maaf tidak akan mengurangi kecantikan mereka tapi justru akan membuat mereka semakin cantik memesona.

Memesona adalah mereka yang menyadari kesalahan mereka dan mau meminta maaf. Bagi orang merasa dirinya lebih daripada orang lain, meminta maaf adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Tapi ketika suara hati lebih dominan daripada otak maka permintaan maaf akan terlontar begitu saja. Butuh keberanian tersendiri untuk meminta maaf. Karena itulah mereka yang berani meminta maaf adalah orang yang memesona.

Rasa sakit pun tak begitu saja bisa sembuh, sehingga banyak orang yang tidak mau memaafkan kesalahan orang lain. Orang yang tersakiti tidak bisa dengan mudah melupakan rasa sakit yang ia rasakan. Allah SWT saja mau memaafkan hamba-Nya, kenapa kita tidak bisa? Itu yang harus selalu diingat. Namun tetap saja butuh keikhlasan, kesabaran dan ketenangan untuk bisa memaafkan kesalahan seseorang dan melupakannya. Karena itulah mereka yang mau memaafkan kesalahan orang lain adalah orang yang memesona.

Memesona. Sungguh kata indah yang sarat akan makna.Menjadi memesona adalah dambaan setiap wanita.

2 comments: