Tuesday, April 25, 2017

Lele Bakar Pedas Manis yang Menggugah Selera

lele bakar pedas manis
Ceritanya saya lagi bingung mau kasih menu apa buat Rumaisha kemarin, Karena sepertinya Rumaisha lagi bosen sama telur, ayam, jagung, wortel, biasanya selalu lahap makan apapun tapi ya itu harus ganti-ganti menu karena Rumaisha itu bosenan. 

Pusing juga tiap hari mikir mau masak apa hari ini, tapi Alhamdulillah Rumaisha apa aja doyan jadi gampang milih menunya. Tapi ya itu tadi cepet bosen jadi harus putar otak terus tiap hari. 

Nah terus saya inget kalau Rumaisha pernah makan sama lele bakar itu lahap banget, alhasil pas ke mbak sayur saya langsung ambil lele dan pas dapet yang besar-besar. Mantep dah ini. Dan hasilnya? Lele bakar pedas buat orang dewasa dan lele bakar manis buat Rumaisha. Rasa manisnya pas,  pedesnya nampol,  hehehe.

Dan bener aja Rumaisha makannya lahaaaap banget dan banyak pake lele bakar manis ini.  Habis nasi 1 entong rata sama lele nya 1. Huaaah senengnya, eh habis makan minum susu trus tidur anaknya.Kecapean main juga kali ya, hihi. Ya udah cus resep aja yuk mom

Resep lele bakar pedas manis :

Bahan :
- 4 ekor lele
- 1 buah jeruk nipis
- minyak goreng secukupnya

Bumbu goreng:
- 1/2 sdt ketumbar
- 2 siung bawang putih
- garam
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- garam secukupnya

Bumbu oles bakar:
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 buah kemiri
- 5 buah cabai rawit atau sesuai selera
- kecap manis
- garam secukupnya

Cara membuat:
- Cuci bersih lele, kerat-kerat supaya bumbu meresap, beri jeruk nipis.  Biarkan 10 menit,  lalu bersihkan lagi. 
- Haluskan bumbu goreng, olesi lele sampai merata, goreng setengah matang
- Haluskan bumbu bakar, beri kecap dan sedikit air. 
- Panaskan teflon,  taruh lele yang sudah digoreng tadi. Olesi lele dengan bumbu sampai merata.
- Balik,  olesi lagi dengan bumbu.  Tambahkan kecap lagi sedikit demi sedikit. 
- Bakar hingga matang. 
- Sajikan dengan nasi hangat,  lalapan dan sambal bawang, pasti makannya banyak

Saya aja makannya banyak kalau kaya gini mah, makanya niat mau balikin BB ke BB semula sebelum melahirkan aja cuma tinggal niat, hahahha. Selamat mencoba ya moms. Nanti jangan lupa kirim-kirim yah.

Kalau yang untuk Rumaisha saya bakarin duluan, untuk cabenya saya ulek terakhir setelah lele bakar manis punya Rumaisha mateng. Baru deh ulek-ulek cabenya, campurin ke bumbu, bakar deh lelenya.

Saturday, April 15, 2017

Sayur Brambang Salam, Sayur yang gampang dan favorit Rumaisha


Sayur ini favorit Rumaisha pake banget. Kenapa? karena kalau dimasakin ini makannya jadi banyak. Ibu mana coba yang ngga seneng anaknya makannya banyak. Pasti semua Ibu seneng banget. Nah buat moms di rumah yang anaknya ngga suka sayur berkuah bisa dicobain buatin sayur brambang salam ini. Siapa tahu bisa berhasil dan anaknya mau makan sayur. Sayur brambang salam ini kuahnya manis, asin, seger. Saya aja suka banget sama sayur ini. Apalagi ditambah sama sambel terasi atau sambal bawang terus ati goreng atau bakwan jagung. Aduh jadi laper. Hihi

Baca juga:
Resep mpasi : Sayur sop jagung jamur wortel (1y+)

Ini adalah sayur tersimple, tersederhana, termudah, tergampang, ter apa lagi ya . . . . Pokoknya gampang banget bikinnya. tinggal cemplung-cemplung, jadi dah. terus isinya? Sesuaikan sama isi kulkas aja. Gampang bingiitssss...

Nah kebetulan Rumaisha kan suka sama jagung manis, jadi pasti tak masukin nih jagung manis ke sayur, wortel adalah keharusan dalam setiap sayur, Rumaisha juga suka sama wortel. Mau di tambah protein nabati kaya bakso, sosis, atau yang lain juga monggo, saya juga biasanya tak tambahin. hehe.
Sepertinya kata pengantarnya terlalu panjang, langsung ke resep aja ndak nanti malah jadi cerpen.

Bahan:
- 1 buah wortel
- 1/2 buah jagung manis (pipil atau potong-potong, menurut selera ya)
- 3 buah jamur pentol / kancing 
- 1 buah sosis/ bakso (optional)
- 1 lembar daun salam
- 1 siung brambang / bawang merah
- garam secukupnya
- gula jawa 
- air

Cara membuat:
- Panaskan air hingga mendidih
- Iris-iris sayuran dan sosis sesuai selera, lalu cemplungka ke dalam air
- Masukkan daun salam, gula jawa, garam 
- Koreksi rasa
- Masak hingga sayuran lunak
- Agkat, sajikan selagi hangat

Baca juga:
Resep MPASI 1y+ : Sup Jagung

Gampang banget kan sayur brambang salam ini, cuma cemplung-cemplung udah jadi. Isinya juga bisa diganti-ganti sesuai stok atau kesukaan baby. Nah, pernah waktu itu sayurnya saya kasih bayam, ternyata Rumaisha ngga suka sayur yang bentuknya daun-daun gitu. Mungkin karena hambar banget kali ya. Jadi putar otak lagi supaya Rumaisha mau makan sayur yang daun. Dan ketemulah perkedel wortel katu.

Baca juga:
Resep MPASI : Perkedel Wortel Katu Keju (1y+)

Oiya, bagi yang ngga suka manis gula jawanya bisa dikurangi. Maklum orang Jogja emang sukanya yang manis-manis. Haha. Selamat mencoba moms. Hope this can be helpful.


Ini pas Rumaisha lagi makan sayur brambang salam, makan sendiri pake tangan, ngga mau disuapin. Pake sendok ngga dapet-dapet terus akhirnya turun tangan deh. Hehe. Enjoy it.

Saturday, April 8, 2017

Resep Nugget Tahu, Frozen food untuk mpasi atau keluarga



Finally its done, frozen food stock for Rumaisha, tofu and carrot nugget. She likes it. Alhamdulillah. Saya suka banget bikin frozen food kaya gini, buat stok kalau-kalau Rumaisha laper saat makanan belum siap atau udah habis duluan, dan terutama kalau si mbak sayur ngga dateng. Selain stok frozen food, stok sayuran juga ya. Alhamdulillah Rumaisha juga suka makan sayur. Tapi kalau tiap hari makan sayur bosen, jadi harus diselingi yang lain.

Baca juga:
Chicken nugget homemade untuk mpasi under 1 year (10m+)

Ok, berikut resep nugget tahu dari saya.

Bahan : 
- 3 buah tahu putih ukuran sedang atau tofu atau tahu sutra,  haluskan dengan ulekan
- 1 buah wortel,  parut
- 1 siung bawang putih,  parut
- lada bubuk, secukupnya
- garam, secukupnya
- gula pasir, secukupnya
- 2 sdm tepung terigu

Bahan pelapis :
- 2 sdm tepung terigu,  cairkan dengan sedikit air
- tepung panir

Cara membuat:
- panaskan kukusan, jangan lupa tutup pancinya dilapisi kain
- campur tahu/tofu yang sudah dihaluskan dengan parutan wortel dan bawang putih, aduk sampai rata
- masukkan lada bubuk,  garam, gula pasir dan tepung terigu
- koreksi rasa
- siapkan loyang,  tata adonan tahu di loyang
- kukus sekitar 15 menit. 
- angkat dari kukusan, dinginkan sebentar lalu cetak sesuai keinginan. Note: walau sudah dikukus adonannya itu lengket dan mudah hancur jadi dibentuk yang gampang aja.  Kalau saya disini tak buat bentuk koin. 
- setelah dipotong,  celupkan ke dalam adonan tepung basah untuk pelapis,  supaya tepung rotinya bisa menempel
- lapisi lagi dengan tepung roti/panir sampai semua adonan tertutup semua.
- bisa langsung digoreng atau di simpan di kulkas untuk stok

Kalau Rumaisha, buat stok. Bisa buat lauk ataupun camilan,  apalagi makannya dicocol sama saus sambal.  Huah enaknyyaaa. Rasanya gurih lho moms. Oya, kalau untuk mpasi baby under 1y garam, gula dan lada dihilangkan dulu ya moms. Selamat mencoba moms.