Tuesday, April 25, 2017

Lele Bakar Pedas Manis yang Menggugah Selera

lele bakar pedas manis
Ceritanya saya lagi bingung mau kasih menu apa buat Rumaisha kemarin, Karena sepertinya Rumaisha lagi bosen sama telur, ayam, jagung, wortel, biasanya selalu lahap makan apapun tapi ya itu harus ganti-ganti menu karena Rumaisha itu bosenan. 

Pusing juga tiap hari mikir mau masak apa hari ini, tapi Alhamdulillah Rumaisha apa aja doyan jadi gampang milih menunya. Tapi ya itu tadi cepet bosen jadi harus putar otak terus tiap hari. 

Nah terus saya inget kalau Rumaisha pernah makan sama lele bakar itu lahap banget, alhasil pas ke mbak sayur saya langsung ambil lele dan pas dapet yang besar-besar. Mantep dah ini. Dan hasilnya? Lele bakar pedas buat orang dewasa dan lele bakar manis buat Rumaisha. Rasa manisnya pas,  pedesnya nampol,  hehehe.

Dan bener aja Rumaisha makannya lahaaaap banget dan banyak pake lele bakar manis ini.  Habis nasi 1 entong rata sama lele nya 1. Huaaah senengnya, eh habis makan minum susu trus tidur anaknya.Kecapean main juga kali ya, hihi. Ya udah cus resep aja yuk mom

Resep lele bakar pedas manis :

Bahan :
- 4 ekor lele
- 1 buah jeruk nipis
- minyak goreng secukupnya

Bumbu goreng:
- 1/2 sdt ketumbar
- 2 siung bawang putih
- garam
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- garam secukupnya

Bumbu oles bakar:
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 1 buah kemiri
- 5 buah cabai rawit atau sesuai selera
- kecap manis
- garam secukupnya

Cara membuat:
- Cuci bersih lele, kerat-kerat supaya bumbu meresap, beri jeruk nipis.  Biarkan 10 menit,  lalu bersihkan lagi. 
- Haluskan bumbu goreng, olesi lele sampai merata, goreng setengah matang
- Haluskan bumbu bakar, beri kecap dan sedikit air. 
- Panaskan teflon,  taruh lele yang sudah digoreng tadi. Olesi lele dengan bumbu sampai merata.
- Balik,  olesi lagi dengan bumbu.  Tambahkan kecap lagi sedikit demi sedikit. 
- Bakar hingga matang. 
- Sajikan dengan nasi hangat,  lalapan dan sambal bawang, pasti makannya banyak

Saya aja makannya banyak kalau kaya gini mah, makanya niat mau balikin BB ke BB semula sebelum melahirkan aja cuma tinggal niat, hahahha. Selamat mencoba ya moms. Nanti jangan lupa kirim-kirim yah.

Kalau yang untuk Rumaisha saya bakarin duluan, untuk cabenya saya ulek terakhir setelah lele bakar manis punya Rumaisha mateng. Baru deh ulek-ulek cabenya, campurin ke bumbu, bakar deh lelenya.

2 comments:

  1. i love trying foreign recipes because the flavours are always new. and i tried this one yesterday and it tasted amazing. keep us updating with more delicious recipes

    ReplyDelete
  2. Thank you for visiting my blog n even try my recipe. It's my pleasure. Yes, wait the next update. Thank you

    ReplyDelete