Saturday, April 15, 2017

Sayur Brambang Salam, Sayur yang gampang dan favorit Rumaisha


Sayur ini favorit Rumaisha pake banget. Kenapa? karena kalau dimasakin ini makannya jadi banyak. Ibu mana coba yang ngga seneng anaknya makannya banyak. Pasti semua Ibu seneng banget. Nah buat moms di rumah yang anaknya ngga suka sayur berkuah bisa dicobain buatin sayur brambang salam ini. Siapa tahu bisa berhasil dan anaknya mau makan sayur. Sayur brambang salam ini kuahnya manis, asin, seger. Saya aja suka banget sama sayur ini. Apalagi ditambah sama sambel terasi atau sambal bawang terus ati goreng atau bakwan jagung. Aduh jadi laper. Hihi

Baca juga:
Resep mpasi : Sayur sop jagung jamur wortel (1y+)

Ini adalah sayur tersimple, tersederhana, termudah, tergampang, ter apa lagi ya . . . . Pokoknya gampang banget bikinnya. tinggal cemplung-cemplung, jadi dah. terus isinya? Sesuaikan sama isi kulkas aja. Gampang bingiitssss...

Nah kebetulan Rumaisha kan suka sama jagung manis, jadi pasti tak masukin nih jagung manis ke sayur, wortel adalah keharusan dalam setiap sayur, Rumaisha juga suka sama wortel. Mau di tambah protein nabati kaya bakso, sosis, atau yang lain juga monggo, saya juga biasanya tak tambahin. hehe.
Sepertinya kata pengantarnya terlalu panjang, langsung ke resep aja ndak nanti malah jadi cerpen.

Bahan:
- 1 buah wortel
- 1/2 buah jagung manis (pipil atau potong-potong, menurut selera ya)
- 3 buah jamur pentol / kancing 
- 1 buah sosis/ bakso (optional)
- 1 lembar daun salam
- 1 siung brambang / bawang merah
- garam secukupnya
- gula jawa 
- air

Cara membuat:
- Panaskan air hingga mendidih
- Iris-iris sayuran dan sosis sesuai selera, lalu cemplungka ke dalam air
- Masukkan daun salam, gula jawa, garam 
- Koreksi rasa
- Masak hingga sayuran lunak
- Agkat, sajikan selagi hangat

Baca juga:
Resep MPASI 1y+ : Sup Jagung

Gampang banget kan sayur brambang salam ini, cuma cemplung-cemplung udah jadi. Isinya juga bisa diganti-ganti sesuai stok atau kesukaan baby. Nah, pernah waktu itu sayurnya saya kasih bayam, ternyata Rumaisha ngga suka sayur yang bentuknya daun-daun gitu. Mungkin karena hambar banget kali ya. Jadi putar otak lagi supaya Rumaisha mau makan sayur yang daun. Dan ketemulah perkedel wortel katu.

Baca juga:
Resep MPASI : Perkedel Wortel Katu Keju (1y+)

Oiya, bagi yang ngga suka manis gula jawanya bisa dikurangi. Maklum orang Jogja emang sukanya yang manis-manis. Haha. Selamat mencoba moms. Hope this can be helpful.


Ini pas Rumaisha lagi makan sayur brambang salam, makan sendiri pake tangan, ngga mau disuapin. Pake sendok ngga dapet-dapet terus akhirnya turun tangan deh. Hehe. Enjoy it.

3 comments:

  1. Replies
    1. brambang itu bawang merah, orang jawa biasanya bilang bawang merah dengan sebutan brambang. Aku malah lupa tak tak tulis, itu sudah saya edit lagi mom. Maaf ya :)

      Delete
  2. i can not believe my eyes to see such an efficient product with lots of capabilities in such an affordable price. this is such a bonus. thank you for posting

    ReplyDelete