Sunday, May 7, 2017

Uri-cran, Solusi sehat atasi anyang-anyangan

source prive uri-cran fans page
Anyang-anyangan. Kalau ditanya kamu pernah anyang-anyangan? Saya pernah. Muncul pertanyaan lagi, bagaimana rasanya? Rasanya itu amat sangat ngga nyaman dan menyiksa lahir batin. Kenapa kok sampai tersiksa seperti itu? Karena anyang-anyangan dulu saya harus bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil yang tak seberapa, sekaligus menahan perih ketika buang air kecil, dan saya sampai opname 3 hari di Rumah sakit gara-gara Infeksi Saluran Kemih (ISK). Menyiksa banget kan?

Dulu jaman saya masih kuliah, saya selalu aktif di organisasi dan memiliki banyak kegiatan di luar jam kuliah. Tidak jarang harus beraktifitas di lapangan dimana tempatnya itu jauh dari toilet. Jadi kalau kebelet ya saya tahan dulu biar nanti sekalian balik jadi ngga bikin bolak balik karena jarak antara tempat kegiatan dan toilet jauh. Dan tidak hanya itu, saat saya kuliah pun sering menahan buang air kecil, lho kok bisa? Karena ngga enak mau keluar saat ada Dosen mengajar, apalagi pas materi penting. Tambah ngga pengin ninggalin kelas.

Alhasil Saat saya terkena anyang-anyangan. Sama sekali ngga nyaman, hanya karena menahan buang air kecil, kesehatan yang jadi tumbalnya. Dan setelah beberapa kali anyang-anyangan, pas saya ada kegiatan organisasi RAK (Rapat Akhir Kepengurusan) yang acaranya berlangsung dari pagi sampai pagi lagi. Saya drop. Malamnya saya di bawa ke rumah sakit, dan kata dokternya saya terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan harus opname.

Sejak saat itu saya ngga lagi-lagi menahan buang air kecil, daripada nanti anyang-anyangan lagi terus masuk rumah sakit lagi. It's a BIG NO. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Setelah kejadian itu saya menjaga supaya tidak anyang-anyangan lagi. Namun ternyata takdir berkata lain, saat saya hamil Rumaisha dulu saya anyang-anyangan lagi. It's really anoying. Bawa badan aja sudah mulai berat, harus bolak balik kamar mandi. Bener-bener menyiksa.

source prive uri-cran fans page
Dokter yang memeriksa saya waktu itu bilang saat membersihkan daerah kewanitaan harus benar-benar diperhatikan. Cara membersihkan yang benar dari bagian depan dulu baru ke bagian belakang. Saya baru tahu, dan sampai sekarang hal itu saya praktikkan untuk diri saya sendiri dan juga anak saya. Dan dokter menambahkan kalau saya harus banyak minum air putih, tapi kalau saya kebanyakan minum hasilnya malah lebih sering buang air kecil. Jadi saya browsing-browsing ke simbah google mencari solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan, karena sedang hamil jadi harus mencari yang alami dan tidak mengganggu kesehatan janin.

Dan disitulah saya menemukan kalau buah cranberry bagus untuk mengobati anyang-anyangan. Tapi di tempat saya sulit sekali mencari buah Cranberry, entah ada dimana penjualnya. Di supermarket besar yang biasa menyediakan buah impor pun ngga menyediakan cranberry.  Jadi searching lagi dan bertemulah dengan prive uri-cran. Suplemen kesehatan yang dipercaya mampu mengatasi sakit buang air kecil dan mampu menghempaskan anyang-anyangan, serta aman dikonsumsi oleh Ibu hamil. Kurang apa lagi coba? Alhamdulillah setelah beberapa hari anyang-anyangan saya sembuh.

Penyebab anyang-anyangan
Dan dari website uri-cran yang cantik. Saya mengetahui banyak hal. Dari penyebab anyang-anyangan dan cara mengatasinya, seperti yang dokter saya bilang dulu. Ini nih penyebab anyang-anyangan dan beberapa pernah saya lakuin dulu.

1. Toilet kotor
Ini ngga bisa dipungkiri apalagi kalau lagi aktifitas di luar ruangan, toilet kebanyakan pada kurang terawat. Tapi karena kepepet, mau ngga mau ya dipake juga walaupun jijik. Iiih, ingat aja bikin merinding.

2. Arah basuhan yang salah setelah BAK
Nah ini juga sering saya lakuin dulu, karena ngga ngerti arah basuhan yang benar. Arah basuhan yang benar itu bagian depan dulu baru bagian belakang supaya bakteri E-colli yang ada di anus tidak menyebar ke daerah kewanitaan dan menempel di saluran kemih. Dan setelah dokter memberitahu arah basuhan yang benar, langsung saya praktikkan sampai sekarang.

3. Pakaian dalam yang lembab
Ini juga kadang saya lakuin, biasanya setelah membasuh BAK, saya lap lagi dengan tisu. Namun kadang ngga saya lakuin, karena saat itu tisu habis atau ketingalan.

4. Menahan buang air kecil
Untuk yang ini sering banget saya lakukan. Karena aktifitas yang padat, membuat saya malas ke kamar kecil. Dan hal inilah yang membuat saya terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Gejala anyang-anyangan
Untuk gejala anyang-anyangan sendiri ada di bawah ini.
1. Rasa selalu ingin buang air kecil
Buang air kecil berkali-kali namun yang keluar cuma sedikit, padahal rasanya masih pengin keluar. Pernah dulu saya tungguin sampai lama, tapi ngga keluar-keluar. Giliran sudah keluar kamar mandi, eh kebelet lagi. Gubrak.
2. Nyeri atau perih saat buang air kecil
Saat buang air kecil itu rasanya nyeri, ngga nyaman banget.
3. Warna urine keruh dan berbau menyengat
Warna urine kuning pekat, dan baunya uuuuh wangi sekali mengalahkan pengharum ruangan. hehehe.

Cara mengatasi anyang-anyangan
Untuk mengatasi anyang-anyangan terbilang cukup mudah, yang penting konsisten.
1. Penuhi kebutuhan air putih harian
Dokter menganjurkan untuk minum air putih 8 gelas sehari.
2. Jangan menunda buang air kecil
Hal ini penting sekali, jika tidak ingin terkena anyang-anyangan dan ISK.
3. Ganti pakaian dalam jika sudah basah dan lembab
 Ini juga penting sekali, karena bakteri suka dengan tempat yang lembab.
4. Minum suplemen untuk mencegah anyang-anyangan
Poin 4 ini juga penting sekali, lebih baik mencegah daripada mengobati karena jika sudah sakit siapa yang dirugikan? Kita sendiri juga kan? Untuk suplemen mencegah anyang-anyangan terbaik adalah yang mengandung ekstrak buah cranberry karena buah cranberry mengandung proanthocyanidins yaitu antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri sehingga mampu mencegah dan mengobati anyang-anyangan. Dan kabar baiknya uri-cran mengandung ekstrak buah cranberry tersebut. 
 
source prive uri-cran fans page

Uri-cran merupakan produk dari Combhipar yang mengandung ekstrak buah cranberry terbaik. Uri-cran membantu memelihara kesehatan kandung kemih dan mengatasi anyang-anyangan atau susah buang air kecil dengan cara mencegah bakteri E-Colli menempel pada saluran kemih kita.

Uri-cran tersedia dalam dua kemasan, yakni dalam bentuk kapsul dan powder sachet yang dapat diminum kapan pun dan dimana pun. Karena mengandung bahan alami jadi uri-cran aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalau saya lebih prefer yang powder sachet, kaya jus. Hehehe.

Sekali lagi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari kita cegah anyang-anyangan dengan uri-cran. Semoga artikel ini bermanfaat.


4 comments:

  1. mba taun lalu aku kena ISK sampe berdarah BAK-nya :( kapok nahan2 pipis dan sering minum akhirnya. untuk dapetin uricran susah jeh mba wlw pabriknya deket kantorku tp di Cimahi malah syusah hahaha
    gudluck y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampai berdarah, sakit banget pasti mbak. Iya sekarang harus jaga banget jangan sampai kena ISK lagi. Mau aktifitas susah. Kalau deket pabrik nya mending langsung kesana aja mba. Hehehe. Ngga nolong banget ya. Coba di apotek yang besar mba, siapa tau nyetoknya lebih banyak. Makasih sudah mampir. 😊

      Delete
  2. Wah aku baru tau nahan pipis bisa bikin infeksi. Kadang kalau di luar suka males ke toilet umum :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dulu sering banget setelah kena akibatnya ngga lagi2 deh.

      Delete